Itulah Kelebihanmu...


Secara tidak sengaja hari ini saya menemukan sebuah artikel di email saya yang membahas mengenai kekurangan dan kelemahan. Dalam artikel tersebut ada tulisan yang cukup menarik, ”Kekurangan kita bukanlah kelemahan kita dan kelebihan kita bukanlah satu-satunya sumber kekuatan kita.” Sebuah kalimat yang mengingatkan saya akan sebuah cerita.

Beberapa hari yang lalu saya smsan sama seorang temen. Salah satu yang kita bahas adalah mengenai kelemahan saya dalam memadupadankan warna, tapi anehnya temen saya tersebut mengatakan, ”Itulah kelebihanmu dik!!”

Pertama baca saya bingung, jelas jelas itu sebuah kelemahan tapi mengapa temen saya tersebut mengatakan kelebihan.

Di dunia ini memiliki 2 sisi kehidupan, ada hidup ada mati, ada laki-laki ada perempuan, ada siang ada malam, dsb. Sama halnya dengan kelebihan dan kekurangan kita. Jika kita memandangnya hanya dari satu sisi saja, maka akan menjadikan kita lemah.

Kekurangan bukan sebuah alasan untuk kita tidak bisa melakukan hal-hal besar dalam hidup kita. Kelemahan bukan sebuah batu sandungan bagi kita, jika kita tau bahwa dengan kelemahan itu kita akan menjadi kekuatan kita.

Banyak orang mengeluh tidak bisa melakukan ini dan itu karena kekurangan uang, pengalaman, pendidikan, tidak percaya diri karena keadaan fisiknya yang cacat atau tidak seperti manusia lain yang lebih cantik, tampan, cerdas, bertalenta, kaya, ceria, dan alasan-alasan yang lain. Janganlah kita mau diperbudak dengan kelemahan kelemahan kita, janganlah kita kalah dengan intimidasi si iblis. Apapun keadaan kita, kita adalah ciptaan yang sempurna dimata-Nya dan tidak ada yang salah dalam rancangan-rancangan -Nya. 

Mungkin beberapa diantara temen temen ada yang pernah membaca kisahnya nick Vujicic. Dia terlahir sebagai seorang cacat dengan banyak kekurangan. Walo begitu tidak menghalangi seorang Nick Vujicic untuk menjadi orang yang bermanfaat bagi sekitarnya. Sempat depresi dan ingin bunuh diri diusia 8 tahun, namun kemudian dia sadar bahwa hidup harus dia syukuri, apapun keadaannya. Akhirnya perlahan namun pasti, dia menjadi seorang motivator hebat yang mendunia, dan berhasil memotivasi jutaan orang di seluruh dunia untuk terus meraih mimpi.

Di sisi lain ada manusia yang tidak pernah merasa aman menyimpan kekayaannya disuatu tempat, ketenaran seseorang yang justru membuatnya tidak bisa tenang jika berjalan seorang diri ditengah keramaian tanpa bodyguard yang menjaganya, kejeniusan seseorang yang membuatnya tidak mempercayai adanya Tuhan yang menciptakan dirinya dan dunia ini, ketampanan atau kecantikan seseorang yang membuatnya diburu banyak manusia yang iri hati kepadanya, dan sebagainya. 

Maukah anda melewati hidup didunia ini penuh dengan gelimangan harta, wajah yang tampan atau cantik, ketenaran, kekuasaan, namun hidup anda kosong dan sia-sia ? Tidak bukan ? Baik itu sisi kekurangan maupun sisi kelebihan dalam diri kita, bisa menjadi batu sandungan jika kita salah memahaminya sebagai sebuah keterbatasan atau sesuatu yang terlalu disanjung berlebihan.

Tidak ada sesuatu yang sempurna didunia ini. Dunia bukanlah Surga. Dan setiap kekurangan yang kita miliki, sebenarnya adalah celah yang akan digunakan Tuhan untuk menunjukkan kekuasaan-Nya didalam hidup kita. Bersukacitalah terhadap kelemahan yang kita miliki karena disitulah letak kekuatan kita.

.Niek.

10 komentar:

  1. Kisah yang menyentuh.

    BalasHapus
  2. Makasih gan..
    Btw, ni sapa ya?? Kok di mana2 komentar Kisah yang menyentuh. Hehehehhee....

    BalasHapus
  3. Seorang teman yang bersimpati :-)

    BalasHapus
  4. Wedew... Jadi makin penasaran...
    Okelah kalo begitu... Semoga blog ini bisa menjadi berkat buat kita smua...
    JESUS BLESS U

    BalasHapus
  5. JESUS BLESSED U TOO :-)

    BalasHapus
  6. @mazdeby: makasih atas kunjungannya mas..
    btw, kok namane sama kaya aq ya.. mazdeby comment di blognya mbakdeby...
    hahahahha....

    BalasHapus
  7. tergantung bagaimana orang menyikapi & menggunakan kelebihan dan kekurangannya. hal tersebut bisa jadi powersource klau dimanfaatkan sesuai dengan kodrat akan kelebihan dan kekurangan serta bagaimana cara menggunakan kelebihan dan kekurangannya tersebut.

    BalasHapus
  8. @anonim: betul betul..

    btw, kok commentnya berasa nggak asing ya. Hehehe, sori kl salah orang.

    BalasHapus
  9. setuju sekali, kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk maju

    BalasHapus